5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Minta Oleh-Oleh


Jika ada temen agan yang mau pulang kampung atau liburan, maka gak ada salahnya doang kalo kita inta oleh2. Tapi jika kita minta oleh2 ini jadi kebiasaan, sebaiknya bijak2 dulu gan dgn temen kita yg dimintai oleh2. Sebaiknya agan pikir2 dulu deh sebelum minta oleh2 ke temen agan. 

1. Belum tentu duitnya cukup

Temen ente yang pergi liburan itu  belum tentu memiliki uangnya yang cukup untuk membeli oleh2 yg diminta agan dkk. Mungkin agan berpikir "oleh-oleh paling berapa sih harganya." Tapi siapa tau temen ente itu sudah ngumpulin uangnya, menyisihkan uang saku untuk pergi liburan, walaupun seperak juga berharga bagi dia gan. Biaralah oleh-oleh itu datang sendiri dari inisiatif tiap orang yang bepergian atau pulang kampung. OK gan.

2. Biarpun Agan Cuma Bercanda, Bisa Bikin Temen Ente Kepikiran

Bagi agan yang asal nyeplos minta oleh-oleh “jangan lupa oleh-oleh ya” jika temen agan itu cuek, mungkin dia tidak terbebani atas perkataan agan agan. Tapi beda jika dengan orang lain yang
Emang kadang kita asal nyeplos aja "Oleh-oleh yaaaa.." Kalo temen ente orangnya cuek sih mungkin sabodo teuing. Tapi adik ane, contohnya, gak begitu. Biarpun cuma ceplosan, doi liburan jadi gak tenang ketika pulang belum beli oleh-oleh. Padahal liburan cuma 2 hari, jadwalnya pendek. Gak sempet mampir2. Kasiannn...

3. Kesian Kalo Temen Ente Kebanyakan Tentengan

Temen ente itu kalo dimintain banyak oleh2 kan berarti sama aja barang bawaannya kan nambah. Iya kalo yang minta Cuma satu atau dua orang , tapi kalo yang minta ente dkk , berarti sama aja barangnya jadi banyak dan tambah berat brang bawaanya pulang. Jadi agan juga pikir2 dia bepergian bawa backpack ? atau bawa koper ? Trus apa dia masih ada tempat untuk oleh2 yang agan minta di tas dia. Kan gak enak kalo demi bawaiin oleh2 dia harus bawa banayk kerdus yang isinya oleh. 

4. Kalau Satu Orang Minta, yang Lain Juga Minta Gimana?


Kalo agan minta oleh2 ke dia pasti omongan ente ke depan umu pasti kedengeran kemana2, trus yang tadinya yang minta cuman ente gara2 ngomong di deapan umum, malah yang mintajadi belasan. Kasian lah gan dia, bisa2 dia bangkrut dah gara-gara oleh2 yang harus diminta.Nanti kalo cuman ngasih dibilang pelit. harusnya ente bilang makasih walapun dikasiih hal kecil.

5. Pikirin Juga, Apakah Waktu Dia Cukup Buat Mampir-Mampir?

Ente mesti tahulah kalo temen agan yang jalan2 itu gak punya cukup banyak waktu untuk mampir sana sini untuk membeli oleh2 yang agan minta. Bagaiman kalo dia piknik di tengah hutan rimba atau ke pantai. Temen ente kan juga harus bagi waktu juga misal berenang, waktu jalan2, waktu berkuda, dll. Kasian lagi kalo temen ente itu jalan2nya waktu weekend aja, berarti dia cuman punya waktu sebentar doang.

Jadi baiknya pikir2 dulu lah gan kalo  mau minta oleh ke temen ente yang ! Ada baiknya kalo oleh2 itu dari inisiatif orang yang jalan2.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Minta Oleh-Oleh "

Post a Comment